Berlibur ke pulau Langkadea

Pulau Langkadea
Halo teman-teman, terutama yang sedang berada di sekitar kota Makassar dan mencari alternatif lokasi wisata yang menyenangkan. Tulisan dalam blog ini mungkin akan menjadi inspirasi bagi kalian. Tak lengkap rasanya berkunjung ke kota Makassar, tanpa mendatangi salah satu dari ratusan pulau sekitarnya yang siap untuk dieksplor dan dinikmati keindahannya. Setelah mengunjungi pulau barrang lompo, saya dan teman-teman berkunjung ke salah satu pulau yang tidak berpenghuni yang termasuk dalam wilayah administrasi kabupaten Pangkajene Kepulauan. Pulau ini disebut pulau Langkadea.

Pulau ini kurang lebih ditempuh selama satu jam perjalanan perahu dari pelabuhan Paotere Makassar. Perahu yang digunakan juga sangat banyak opsinya. Teman-teman bisa berangkat berkisar dari jam 10 pagi hingga jam 1 siang. Umumnya perahu yang akan ditumpangi adalah perahu yang menuju ke pulau Karanrang. Tinggal bilang ke pemilik kapal untuk diturunkan di pulau Langkadea. Biaya perjalanan kesana adalah 25 ribu rupiah per satu trip.

Pulau langkadea adalah pulau yang tidak berpenghuni, namun di akhir pekan, jumlah pengunjung yang datang kesini terbilang banyak. Di tengah pulau terdapat mushollah yang cukup besar, terdapat sumur yang airnya masih terasa asin, dan toilet umum sederhana. Di pulau ini juga terdapat penjual klontongan yang menjual kebutuhan dasar seperti minuman dan makanan instan. Di pulau langkadea tidak terdapat listrik, sehingga teman-teman yang mau berkunjung kesini diwajibkan untuk membawa power bank dan juga senter.

Karena pulau ini tidak berpenghuni dan terletak lumayan jauh dari pusat kota, maka air laut disekitar pulau ini terbilang bersih. Pasirnya yang putih dan pohon yang lebat di bagian tengah pulau membuat pulau ini semakin elok dipandang mata. Suasana pulau Langkadea terbilang berangin. Daratan pulau yang datar, sangat cocok sebagai tempat untuk mendirikan tenda, laybag, atau hammock.

Menikmati sunset di pulau Langkadea

Menikmati pantai pulau Langkadea

Pasir putih pulau Langkadea
Tidak jauh dari bibir pulau, di sekitar pulau Langkadea ini terdapat karang yang lumayan indah dan berwarna-warni. Terdapat juga pasir yang memanjang yang sangat indah jika diambil dari kamera gopro.

Menghabiskan satu malam di pulau Langkadea adalah sebuah pengalaman relaksasi yang sempurna. Apalagi setelah penat bekerja di kota besar seperti Makassar.

Relax di pulau Langkadea

Untuk menutup tulisan di blog ini, saya akan merangkum pengeluaran-pengeluaran wajib yang akan dihabiskan selama perjalanan di pulau Langkadea.

1. Tiket kapal PP =  50 ribu
2. Uang masuk pelabuhan = 3 ribu
3. Uang masuk pulau = 15 ribu

Sekian dulu tulisan saya di blog ini. Tulisan ini disponsori oleh Student Plaza. Kalo mau menyewa alat-alat seperti peralatan snorkeling, gopro, kamera, pelampung, bahkan motor, student plaza tempatnya.


Comments

Popular posts from this blog

IELTS Academic Writing Task 1 - Map

IELTS Writing Task 1 - Process

Naik pete-pete apa ke Mall Panakkukang?