Siapa Goalkeeper terbaik Liga 1 Indonesia 22/23?

Sebenarnya ada banyak parameter untuk mengukur siapa goalkeeper atau penjaga gawang terbaik di pagelaran liga 1 Indonesia 2022/2023. Kalo kamu punya pertanyaan yang sama, maka jawabannya bisa beragam. Aku coba mengumpulkan beberapa data yakni data dari akun instagram goalkeeper_indo, dan transfermark.com.

Ada beberapa parameter, dan tentu ada beberapa angka. Sayang sekali dari data yang ada, tidak akan meng-cover seluruh penjawa gawang club yang bermain. Jadi, jangan cari yang tidak ada ya! Karena setelah mencoba untuk mencari referensi lain, informasi ini sangat susah didapatkan. Untuk merangkumnya, aku sudah merangkumnya pada excel dibawah ini.


Tentu masih banyak cell yang masih kosong ya. Kalau ada yang tahu referensi online untuk mengisi data yang kurang, bisa let me know di kolom komentar.

Melihat table diatas jangan langsung ambil kesimpulan ya gaes. Table diatas diurut berdasarkan jumlah clean sheets terbanyak. Clean sheets adalah jumlah pertandingan dimana gawang tidak kebobolan. 

Dengan mudah kamu akan mendapati penjaga gawang Persija Jakarta jadi nomor satu, disusul oleh goalkeeper PSM Makassar. Tapi, kan sebenarnya clean sheets itu adalah hasil kerjasama seluruh pemain ya, terutama pemain belakang (back), sehingga rasanya tidak adil untuk melihat clean sheets.

Jadi kalau ditanya siapa penjaga gawang tersukses selama perhelatan Liga 1 22/23? Maka saya mengacu pada satu indikator yakni saves/match. Ini adalah ratio dari jumlah penyelamatan dibagi dengan jumlah pertandingan yang dimainkan penjaga gawang. Ratio saves/match tertinggi dipegang oleh goalkeeper Persis Solo yakni Gianluca Pandeynuwu dimana saves/match-nya adalah 4.95 lumayan jauh beda dibandingkan pesaing lainnya.

Gianluca Pandeynuwu (sumber: liputan6.com)

Kalau menurutmu siapa goalkeeper terbaik? Tulis di kolom komentar dibawah ya!

Saves/match beberapa penjaga gawang Liga 1 Indonesia 22/23




Comments

Popular posts from this blog

IELTS Academic Writing Task 1 - Map

IELTS Writing Task 1 - Process

Naik pete-pete apa ke Mall Panakkukang?