Naik Bus Borlindo double deck ke Palopo

 

Bus Borlindo

Di blog kali ini saya akan bercerita mengenai pengalaman saya menggunakan bus Borlindo rute Makassar - Palopo. Saya memilih menggunakan bus ini karena saya ingin sekali menggunakan bus double deck, atau bus dua lantai. Rasanya sudah lama sekali saya tidak menggunakan bus dua lantai, terakhir kali sejak saya pulang dari New Zealand tahun 2019 lalu. Baca pengalaman New Zealand ku disini.

Pangkalan Bus Borlindo di Makassar terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan (Klik peta ini untuk lebih jelasnya). Pemesanan sebenarnya bisa dilakukan secara langsung, dan juga disediakan pemesanan tiket via website. Website Borlindo bisa cek disini ya. Disitu tersedia juga nomor handphone-nya. Terdapat beberapa pilihan kursi, ada di lantai satu, dua, eksekutif ataupun sleeper seat.

Pada perjalanan saya ini, saya memesan tiket pada tanggal dimana saya ingin hendak berangkat. Jadi pemesanan tiket dan tanggal keberangkatan hanya selang beberapa jam. Tapi cara ini sangat tidak saya sarankan, karena waktu itu saya hanya beruntung karena masih tersedia tiket. Nah, kalo di peak season, saya menyarankan untuk memesan tiket beberapa hari sebelum berangkat.

Harga tiket Makassar - Palopo adalah 200 ribu rupiah dengan jam keberangkatan jam 8 malam. Jadi masih ada waktu untuk sholat Maghrib bahkan Isya ya guys. Kalo buru-buru bisa sholat Isya nanti di tempat persinggahan aja. Karena bus ini akan singgah di pusat perbelanjaan roti Maros. Disana tersedia mushollah, tempat makan berat, bahkan perbelanjaan buah tangan.

Jika, penumpang bertempat tinggal di sepanjang jalan perintis kemerdekaan menuju Maros, atau bertempat di kabupaten Maros, maka penumpang bisa menunggu Bus di sepanjang jalan Perintis, tinggal koordinasi saja dengan awak Bus Borlindo. 

Selain singgah di tempat janjian dengan penumpang, Bus Borlindo akan singgah sebanyak tiga kali. Pertama, di terminal daya, disini akan bayar tiket masuk per orang 2 ribu rupiah. Kedua, di roti Maros, disini penumpang bisa berbelanja oleh-oleh kuliner dan makan malam. Ketiga, di masjid untuk buang air kecil kemungkinan sebelum masuk waktu subuh.

Interior Bus terbilang bagus dengan kaca yang besar dan tempat duduk yang nyaman. Bus ini juga terbilang cukup bergetar di sepanjang perjalanan, mungkin karena ukurannya yang memang tinggi, karena dua lantai. Tidak terdapat toilet dalam Bus, jadi pastikan buang air sebelum naik bus, atau buang air di tempat persinggahan.

Kursinya terbilang nyaman dengan sandaran kaki memungkinkan untuk bersandar, cukup untuk merebahkan badan untuk perjalanan overnight. Di dalam perjalanan mungkin akan terasa dingin, jadi siapkan jaket saat berada dalam bus. Selimut dan bantal kecil akan disiapkan oleh awak Bus.

Interior Bus Borlindo

Terdapat sandaran kaki dan jendela yang besar

Bus akan sampai di kota Palopo beberapa menit setelah adzan Subuh. Jadi pas sampai, langsung sholat shubuh yah guys. Jadi, berangkat jam 8 malam, sampai sekitar jam 5 subuh. Jika ingin balik ke Makassar dan menggunakan bus Borlindo lagi, maka untuk pemesanan tiket langsung bisa datang di kantor mereka di terminal kota Palopo.

Comments

Popular posts from this blog

IELTS Academic Writing Task 1 - Map

IELTS Writing Task 1 - Process

Naik pete-pete apa ke Mall Panakkukang?