Transportasi Umum ke Banjarsari Ciamis, dari Jakarta

Halo teman-teman

Kalo kamu baca tulisan ini, mungkin kamu lagi mau ke Banjarsari, atau mau ke Ciamis, dan mungkin sebagian kecil mau ke Pangandaran. Dan kamu berencana untuk menggunakan transportasi umum. Benar gak? Cocok, karena dalam blog ini aku akan menceritakan cara menggunakan transportasi umum ke Banjarsari karena kebetulan saya sudah sering bolak balik ke tempat ini.

Sebelum kita menceritakan rute dan beberapa opsinya, mungkin terlebih dahulu aku menceritakan Banjarsari itu dimana. Takutnya banjarsari yang kamu tuju beda dengan Banjarsari dalam blog ini, ya kan? hehe

Alright! Banjarsari yang aku maksud adalah banjarsari yang berada di kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang sepahaman aku terletak diantara kabupaten Pangandaran (Selatan) dan kota Banjar (Utara). Banjarsari ini juga letaknya sudah tidak jauh dari provinsi Jawa Tengah dan posisinya relatif berada di tenggara provinsi Jawa Barat. Untuk lebih memudahkan, aku coba perlihatkan keberadaannya dalam google map ya. Atau kamu mau lihat langsung letaknya di google map bisa cek di peta Google Map berikut.

Peta Banjarsari dari Google Map

Nah, untuk perjalanan menuju Banjarsari kamu bisa menggunakan tiga opsi yang aku jabarkan per poin dibawah, aku urut dari yang paling TIDAK reccommended. 

1. Menggunakan travel

Kendaraan yang akan digunakan adalah kendaraan tipe mobil passenger (e.g. Innova, Avanza, atau Grandmax).

Kelebihan: Dijemput dan diantar hingga tempat tujuan
Kekurangan: Lebih mahal.

Untuk biaya sendiri, tahun 2022 aku membayar Rp. 350,000 per satu seat/tempat duduk. Waktu itu aku jalan berdua jadi lumayan menguras ongkos sih. Kekurangan yang lain menurut aku, adalah untung-untungan. Kalo penuh bisa lumayan sesak di mobilnya. Terus dibandingkan dengan moda transportasi yang lain, mobil travel ini paling buat mabok sih. haha.


2. Menggunakan Bus

Bus yang aku rekomendasikan adalah bus Budiman arah Pangandaran. Nah bus budiman ini tersedia di beberapa terminal seperti Tanjung Priok, Pondok Cabe, Kalideres, Bekasi, Cikarang, dan juga Bogor. Kamu bisa langsung ke terminal aja untuk  pesen tiketnya. Kalau lagi peak season seperti misalnya tanggal-tanggal mudik lebaran, aku sarankan untuk memesan via aplikasi Budiman bisa di-download di playstore. Jadi bisa pre-booking terlebih dahulu.

Kelebihan: Kursi kosong kemungkinan besar tersedia
Kekurangan: Perjalanan bisa lebih lama

Untuk biaya, bisa bervariasi bergantung pada dimana kamu akan naik. Harganya juga sebenarnya udah jelas tertera di aplikasi. Begitupun di terminal, kamu tinggal langsung naik aja sih sebenarnya. Nanti diatas akan ada petugas untuk meminta pembayaran. Dulu aku waktu balik ke Jakarta ambil rute Banjarsari - Tanjung Priok bayar 220,000, ini pun bisa lebih rendah jika tidak dalam musim mudik.

Berencana pakai bus? Cek blog saya perihal terminal kesukanaan ku di JaboDeTaBek pada link ini

3. Menggunakan Kerata Api

Untuk menuju ke Banjarsari, kereta yang bisa digunakan adalah kereta Serayu Pagi (berangkat jam 9 pagi) atau Serayu Malam (berangkat jam 8.50 malam).

Kelebihan: Paling murah, tidak terkena macet
Kekurangan: Desak-desakan meskipun akan tetap dapat kursi, dan harus turun di stasiun banjar.

Untuk biaya, satu kali perjalanan kereta serayu adalah 63,000. Untuk dapat tiket bisa pesan langsung via aplikasi KAI. Serayu akan mulai dari stasiun Pasar Senen, dan akan singgah di beberapa stasiun seperti stasiun Bekasi, Cikarang, dan Purwakarta. Dan, kalau naik kereta, maka harus turun di stasiun Banjar. Dari stasiun banjar sebenarnya banyak ojek pangkalan yang tersedia. Ada juga bus kecil arah Pangandaran yang dapat digunakan. Dan juga tersedia ojek online yang siap mengantarmu kemana saja. haha. Ada satu lagi, tapi ini belum aku coba ya guys.


4. Menggunakan Pesawat

Nah, baru-baru ini sebenarnya saya mendapatkan informasi terbaru perihal satu mode transportasi lagi. Yakni menggunakan pesawat. Wow. Aku tempatkan di poin ke-4 bukan berarti ini paling recommended ya, hanya saja belum pernah aku gunakan.

Jadi, aku baru cek, ternyata ada jadwal penerbangan dari Bandara Halim Perdana Kusuma di Jakarta, ke Bandara yang ada di daerah Pangandaran. sejauh yang saya cek, penerbangan ini bisa sampai empat kali dalam seminggu, dan perjalanannya memakan waktu hanya 1 jam. Kapasitas pesawat adalah 12 kursi. Untuk harga bisa cek di traveloka ya. Terakhir aku cek di kisaran 1,5 juta. Gimana tertarik?

Kelebihan: Waktu tempuh paling pendek, hanya sejam + transportasi darat
Kekurangan: Harga paling mahal

Nah, kamu pilih yang mana? Let me know in the comment below. Sekian tulisan ini, semoga bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

IELTS Academic Writing Task 1 - Map

IELTS Writing Task 1 - Process

Naik pete-pete apa ke Mall Panakkukang?