Jumlah peserta LPDP yang diterima di tahap 1 2023

Logo LPDP
Logo LPDP


Halo teman-teman, kalau kamu membaca blog ini, maka kemungkinan besar kamu sedang merencanakan untuk daftar beasiswa #LPDP, atau bahkan sudah mendaftar dan menunggu pengunguman.

Sesuai dengan judul blog ini, aku akan menginfokan jumlah peserta LPDP yang diterima di tahap 1 2023, yang di pertangahan tahun ini baru saja mengumumkan hasil rangkaian tesnya. So, congratulations yang mendapatkan berita bahagia, dan bagi yang belum lulus, jangan berhenti mencoba semoga rezeki mu ada di tes gelombang selanjutnya.

Baik, sumber informasi dari jumlah yang awardee tahun 2023 ini yakni dari laman resmi akun youtube LPDP ya. Jadi, per tahun 2023 ini, jumlah pendaftar beasiswa LPDP adalah 15.797 peserta dengan 3176 (20% dari total peserta) diantaranya mendaftar di program afirmasi, 4401 (27.86%) di program targeted, dan 8220 (52.03%) di program reguler. Angka pendaftar ini adalah rekor tertinggi pendaftaran satu siklus seleksi selama LPDP menyelenggarakan tes nya, dan diprediksi angka ini akan terus naik. Sehingga dengan kata lain, kedepannya seleksi akan semakin berat, so kalian harus mempersiapkan diri baik-baik ya.

Nah, dari total 15.797 peserta yang mendaftar, hanya 3971 diantaranya yang berhasil melewati seluruh rangkaian tes, dan dinobatkan sebagai calon penerima beasiswa LPDP. Jadi, acceptance rate pada tahap 1 2023 ini adalah 25.13%. Sehingga, fair to say, 1 kelulusan diperebutkan oleh 4 pendaftar.

Dilihat dari gender, 2291 diantaranya adalah wanita, dan 1680 diantaranya laki-laki. Kemudian, dilihat dari jenis beasiswanya, pendaftar dari jalur umum mempunyai proporsi paling besar yakni 1447 peserta lulus, disusul oleh targeted yakni sebanyak 1391 kelulusan, dan afirmasi sebanyak 1133 kelulusan. Tapi, kalau dilihat dari tingkat persaingan, yang mana yang mempunyai persaingan terketat, yah kamu bisa hitung sendiri, dan kasi tahu kami di kolom komentar ya.

Kemudian, dilihat dari adanya LoA atau tidak, peserta yang lulus dan telah mempunyai LoA adalah sebanyak 2941, dan yang belum mempunyai LoA adalah sebanyak 1030 kelulusan. Kamu pengen tahu apa lagi dari statistik LPDP tahap 1 2023 ini, let me know in the comment column below!

Full credit to: Kanal Youtube LPDP

Kamu pejuang beasiswa? Kita sama! Mungkin kamu tertarik baca blog refleksi-ku dalam perjalanan mengejar beasiswa ini. So, baca pada link dibawah ini ya!

Comments

Popular posts from this blog

IELTS Academic Writing Task 1 - Map

IELTS Writing Task 1 - Process

Naik pete-pete apa ke Mall Panakkukang?