Metabase: Menambahkan Interval Waktu (Date_add)

Date_Add in Metabase
Date_Add in Metabase dan BigQuery

Jadi alasan kenapa saya menulis ini adalah karena, saya menemukan banyak versi terkait cara menggunakan dateadd dari sumber online. Ini tentu berbeda dari satu platform ke platform lain. Nah kebetulan saya menggunakan BigQuery di kantor saya, dan tidak banyak sumber online yang memuat sumber ini.

Namun, sebelum saya menjelaskan cara penggunaannya, aku jelaskan lagi penggunaan dateadd ini. Nah dateadd ini berfungsi untuk mengubah/mengedit data waktu (a.k.a timestamp) sesuai dengan yang kita inginkan. Misalnya, kita ingin mengubah keterangan waktu dari suatu atau beberapa baris, kita bisa menggunakan dateadd ini.

Untuk di metabase, bisa gunakan rumus berikut:

Date_add(nama_kolom, interval [Angka] [keterangan waktu])

Contoh: Select
                    date_add (b.month, interval 1 month)
                    as rr_month
              from rr join b on dst..

Keterangan: b.month = b adalah nama table nya, dan month adalah nama kolomnya
                     1 = indikator angka
                     month = indikator satuan waktu yang diinginkan

Perlu diingat b.month diatas jenis datanya mesti menggunakan tipe tanggal ya.


Fungsi date_add ini dapat dipakai untuk membandingkan antara data yang sebenarnya dengan data jika data yang sebenarnya diterapkan pada waktu yang diinginkan.

Contoh praktisnya adalah, kamu diminta untuk mencari berapa sih presentase data user yang reactivated bulan lalu, kemudian kembali lagi di bulan ini.

Kamu ada kendala apa di metabase? Yuk diskusi di kolom komentar!

Comments

Popular posts from this blog

IELTS Academic Writing Task 1 - Map

IELTS Writing Task 1 - Process

Naik pete-pete apa ke Mall Panakkukang?