Daftar Tempat Parkir Gratis di Makassar


Sebenarnya saya menuliskan ini lantaran saya pernah disakiti (sorry pemilihan kata yang lebay) oleh tukang parkir. Jaman sekarang, tukang parkir terdapat dimana-mana. Mulai dari di pedesaan, pinggir kota, apalagi di tengah kota. Rasanya kalo cuman sebentar saja, saya rasa seperti saya dipalakin (Istilah di Makassar: dipajaki). Apalagi, kalo tukang parkirnya dengan berpura-pura bodoh tidak memberikan karcis ke kita. Atau dengan alasan dia lupa karcisnya. Yang lebih parah kalo saat parkir motor tidak terlihat adanya tukang parkir, trus pada saat mau pulang tiba-tiba dia ada. Atau yang paling menjengkelkan parkirnya 5 ribu rupiah. Pernah juga saya kehilangan helm, helm-nya yang mahal lagi (Ya iyalah, kalo dak mahal pasti tidak dicuri), trus si baginda yang terhormat tukang parkir sama sekali tidak memberikan ganti rugi. Boro-boro mau ganti rugi, malahan dia kabur menjauh saat saya lapor helm saya hilang. Pernah juga saya mencoba untuk meminta karcis, biar uang saya masuk ke pendapatan kota, tapi si bapak tukang parkir punya beribu alasan, mulai dari karcis basah, lupa-lah, macam-macam deh. Tragis tidak itu? Belum lagi, kalo cuman foto copy 1000 rupiah, trus harus bayar parkir Rp. 2000. Sakit hati tidak?

Wah, ini mungkin kalo tukang parkirnya begini semua, untuk parkir aja nih yah, mungkin bisa menghabiskan ratusan ribu tiap bulannya. Big No..

Nah, untuk menghindari biaya parkir, saya mau share ke teman-teman semua tempat-tempat umum di Makassar yang parkirannya udah gratis. Insya Allah list ini akan terus di-update. Untuk melihat lokasi pada google map, bisa di-click tulisannya, okay!

1. Melia Hotel
2. Hotel Arthama
3. Hotel Aryaduta (Kalo parkir dalam)
4. Toserba Pengayoman
5. Indomaret PK 12 - sebelum BTP kalo dari arah sudiang (Jl. Perintis Kemerdekaan)
6. Warkop Excelza (Di depan gerbang telkomas)
7. Kantor Imigrasi Makassar
8. Pantai losari (Parkiran bagian dalam di Anjungan, terutama di workdays)
9. Warung Makan Al-kahfi dan warung-warung sekitarnya di Jl. Toddopuli 5
Selain makanannya enak, warung disini juga murah meriah.

10. Tempat fotocopy di sepanjang jalan perintis, setelah UIN sampai pintu 2)
11. Polsek Manggala (Mungkin satu-satunya polsek di Makassar yang tempat parkirnya gratis, CMIIW)
12. Rukan Business Center (Jl. AP Pettarani)
Disini terdapat banyak kantor seperti automobiles sales office and medical center

13. Kantor PT Pos Pettarani
14. Bank Permata Panakukkang dan Sudirman
15. Mycoffee Pengayoman
Selain cafenya berAC dan di kawasan panakukkan, kopinya enak, tapi dengan harga premium.

16. Kakanta Sport Center Antang
Sejauh ini, ini adalah lokasi kompleks olahraga di Makassar yang parkirnya gratis.

17. Coto Hikmah di Pettarani, setelah belokan rappocini kalo dari arah Alauddin.
Meskipun warung coto ini sederhana, tapi masakannya enak dan berada di tengah kota. Warung makan ayam geprek di sebelahnya juga gratis.

18. Bakti (Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia)

19. Miles Co-working spaces.

20. Confie Co working spaces

21. Dinas UMKM

Nah, ini semua mi tempat parkir yang gratis di Makassar yang perlu banget disyukuri (Syukuri apa yang ada, hidup adalah anugerah). Tentu ada juga yang saya tidak bisa tuliskan secara spesifik, misal masjid, atau kampus yang tentu saja masih banyak yang gratis.

Also, kalo ada tempat parkir yang gratis, tentu saja ada tempat parkir yang super mahal, melebihi harga normal. Harga normal yang saya maksud adalah Rp. 2 ribu. Selain hotel dan tempat perbelanjaan, dan bandara, yang mengenakan charge per jam. Berikut adalah tempat-tempat yang mempunyai harga parkir yang mahal dan TIDAK recommended.

1. Anjungan pantai losari
Terutama jika parkir di luar (Disepanjang jalan penghibur), dan pada saat malam minggu, harganya bisa mencapai 5 ribu rupiah. Biasanya diminta untuk bayar dimuka.

2. Parkiran luar MTC (Makassar Trade Center)
Pernah saya diminta untuk bayar 5 ribu rupiah disini.

3. Benteng Rotterdam
Biaya parkirnya 3 ribu rupiah, tapi si tukang parkir memberikan karcis. Wah, tidak apa-apa lah yah kalo duit kita masuk ke pihak yang berwenang. Waktu itu saya diminta untuk bayar dimuka.

4. Parkir luar Mall Phinisi Point
Parkiran disini tidak dihitung berdasarkan jam dan harga parkir, mau lama mau cepat, harganya tiga ribu. Tukang parkir juga memberikan karcis, dan biasanya diminta untuk membayar di depan.

Nah, ada juga yang bisa parkir bermalam, harganya masih terjangkau, dan dijamin aman. Sebagai catatan, hampir seluruh rumah sakit memperbolehkan untuk bermalam dengan harga maksimal yang masih masuk akal. Tempat parkir ini sangat bagus terutama jika memang kita ada keperluan, atau dijadikan sebagai tempat titip motor satu atau dua hari lah. Misal dalam pengalaman ketika hendak ingin ke daerah bolak balik dan menginap satu malam. Saya parkir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya. Lumayan bisa mengantar sampai ke terminal bayangan. Biaya parkir semalam disini adalah 6 ribu rupiah, yang tentu saja lebih murah kalo dibandingkan dengan bayar kendaraan online, atau dua kali naik pete-pete (Istilah angkot di Makassar).

Balik ke topik!

Parkir ini sebenarnya punya potensi untuk memberi pendapatan ke daerah/kota, tapi karena di-salah-gunakan, potensi ini masuk ke pihak-pihak yang ingin memperkaya diri sendiri. Sayang sekali, peraturan mengenai parkir ini masih sangat longgar, menyebabkan penyerapan pendapatan asli daerah berkurang.

Baiklah, demikian cerita tentang parkir di Makassar. Kalo teman-teman ada masukan, saya sangat senang bisa menuliskan tambahan list dari beberapa lokasi diatas. Demikian, terima kasih telah membacanya.

Comments

Popular posts from this blog

IELTS Academic Writing Task 1 - Map

IELTS Writing Task 1 - Process

Naik pete-pete apa ke Mall Panakkukang?